MENGATASI RASA MALAS




sering sekali kita temui anak muda terjebak pada kondisi mereka tidak ingin melakukan apa-apa,hanya tiduran dikasur sambil memijit-mijit keypad handpone, buka sosial media A, lalu pindah ke sosial media B, lalu Sosial media C, kembali ke sosial media A, dan begitu seterusnya. padahal masih banyak tugas sekolah atau deadline yang belum kelar? ada? banyak!!
hal ini biasanya terjadi seperti yang saya gambarkan di tulisan saya sebelumya tentang kejenuhan yang saya rasakan karna Perubahan dari remaja ke dewasa.
bisa jadi karna stress, banyak tekanan, atau memang sedang gak-mood.

lalu jika terus diikuti akan banyak masalah, salah satunya merasa tidak cukup waktu untuk menyelesaikan tugas atau bahkan tidak dapat mewujudkan impian. lalu bagaimana solusinya?
sebenarnya ini kembali kepada pribadi masing-masing. ada beberapa hal yang biasa saya lakukan untuk melawan rasa malas tersebut, its work for me semoga work juga untuk kalian ya...

Remember your goal

yang pertama adalah mengingat goals atau impian. rasa malas ini bisa jadi muncul karna kita tidak memiliki goals/ tujuan yang jelas. biasanya ketika kita sangat menginginkan sesuatu maka kita akan dengan sekuat tenaga memperjuangkan keinginan kita tersebut. tapi jika hal yang kita inginkan tidak jelas atau bahkan tidak ada maka kita tidak memiliki motivasi untuk melakukanya. contoh ketika kita ingin lulus les bahasa inggris dengan score "A", maka kita akan giat mengikuti pelajaran les bahasa inggris tersebut dengan giat untuk meraih nilai "A". beda halnya jika kita hanya mengikuti les bahasa inggris tanpa memilki tujuan atau hanya sekedar mengisi waktu luang tentu kita menjadi malas atau ogah-oagahan. jika anda belum memiliki goals maka tentukan sekarang. and then just remember how bad you want it? so do it now.

Malas menghambat mimpimu 

jika kalian sudah memiliki mimpi yang jelas dan kemauan yang tinggi untuk mendapatkannya, namun rasa malas masih saja datang mengganggu, maka perlu kalian sadari bahwa tidak melakukan apa-apa sama dengan menghambat cita-cita kalian tercapai. analoginya adalah ketika kalian seharusnya menyelesaikan suatu tugas pada hari ini tapi tidak kalian kerjakan dan memilih menunda karna masih ada hari esok. pada kenyataannya kalian tidak melakukan apapun hari ini, tugas yang mungkin dapat diselesaikan 1 minggu misalnya akan lebih lama terselesaikan. dan akan semakin lama kalian mencapai goals kalian. so menunda mengerjakan sama dengan menunda mimpimu.

Temukan Role Model

hal lain yang dapat dilakukan adalah mendapatkan motivasi, untuk saya pribadi motivasi yang disampaikan orang lain terkadang sering terdengar membosankan, dan bahkan tidak dapat kita pahami maknanya. biasanya kalau dinasehatin orang saya suka ngantuk hehe.... maka yang saya lakukan untuk mendapatkan motivasi adalah menemukan role model. role model disini adalah contoh real seperti apa goals kita ketika menjadi kenyataan. bisa dengan cara menemukan orang yang sukses dalam cita-cita yang kita mau. misalkan saya ingin sekali lulus kuliah 8 semester, lalu saya mencontoh kakak kelas saya yang saya anggap keren karna berhasil lulus kuliah 8 semester. hal ini membuat kita lebih semangat, dia aja bisa masa kita engga?. mudah bukan?!. apabila kalian tidak menemukan orang yang sesuai pada kondisi impian kalian kalian juga dapat menggunakan gambar, foto atau visualisasi dari goals anda.

Stop gadget addict

hal yang sangat sepele dan tidak kita perhatikan adalah kebergantungan kepada gadget. coba perhatikan apakah ketika anda bangun tidur yang anda cari adalah smartphone anda? tenang saya juga hahaha.....
sekedar mengecek notifikasi yang berlanjut membaca berita lalu buka sosial media, yang berlanjut membaca komik online atau malah nimbrung nonton vidio di youtube,dan lain sebagainya. berjam-jam kita di depan layar smartphone. a few moments letter.... (ala spongebob) tiba-tiba malam, dan kita belum melakukan apa-apa.
yah begitulah kadang kebiasaan menggunakan smartphone ini tanpa kita sadari menunda impian kita. be wise...

Tidak sesulit yang dibayangkan

kadang kita malas melakukan sesuatu karna apa yang akan kita kerjakan terlihat seram atau sulit. so listen to me INI TIDAK SESULIT YANG KAMU BAYANGKAN, COBA DULU,LALU BUKTIKAN!!
misalnya kalian ingin belajar sepeda, kemudian terbesit pikiran ah nanti kalau jatuh bagaimana pasti sakit, nanti terluka. jika kalian setuju dengan bisikan tersebut maka kalian tidak akan pernah bisa merasakan asyiknya mengayuh sepeda berkeliling kota yang merupakan tempat bermain yang asyik (keterusan nyanyi lagu sinchan). 
yah coba saja dulu. mungkin saja kalian akan jatuh tapi tidak akan seburuk yang kalian bayangkan. dan bisa jadi karna jatuh tersebut kalian jadi tau bagaimana mengemudikan sepeda dengan baik agar tidak terjatuh lagi. karna jika kita tidak pernah mencoba maka kita tidak akan belajar sesuatu. tidak akan ada hal lebih dalam hidup kita dan mungkin tidak akan ada impian yang berhasil kita raih.

thats all beberapa hal yang bisa saya bagikan dari apa yang saya pernah alami. ya... dalam meraih impian tentu ada saja kendala-nya tapi jadikan itu tantangan. tentukan dulu impian apa yang ingin kalian capai, setelah itu tanyakan pada diri anda seberapa besar anda menginginkannya, apa yang harus kalian lakukan untuk mendapatkan goals anda, buat visualisasi atau temukan orang yang dapat anda jadikan contoh, dan mulai lakukan sekarang....
karna mimpi hanya akan menjadi pencapaian ketika anda mengusahakannya.
if you not move, you will never go anywhere...

-dee-

Komentar

Postingan Populer