RIVIEW SISTEM OPERASI ( LINUX, ANDROID DAN MAC OS)

Riview sistem operasi

Berikut beberapa sistem operasi yang sering kita jumpai dan masih dipergunakan sampai saat ini, antara lain yaitu:
  1. Linux
  2.  Android
  3. Mac Os

Pada perkembangannya sistem operasi dapat dibedakan menjadi beberapa cara yakni berlisensi seperti windows (namun kali ini kita tidak membahas windows) kemudian yang open source (gratis) seperti linux dan yang bersecurity tinggi bahkan selective pada hardware seperti Mac Os.
Untuk penggunaan sistem operasi apakah yang paling cocok digunakan tentunya mengikuti kebutuhan user / pengguna sendiri.
Untuk mengevaluasinya mari kita bahas satu per satu sistem operasi berikut ini :






1.      LINUX

Linux adalah sebuah sistem operasi yang berbasis GUI (graphical user interface) dan dikembangkan secara bebas dengan sistem open source.
Sehigga memiliki penyebaran dan versi yang tidak terbatas.

Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Pada awalnya linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix.
Unix merupakan sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA)
Sistem operasi. Yang kemudian dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970.
Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan pada pebisnis.
  

Kelebihan Linux :

-          Licensi yang gratis (Terbuka dan Bebas) bahkan banyak yang bisa didapat dengan cara download.

-          Linux bisa berinteraksi dengan operating system lain dengan cara kompabilitas file system,   kompabilitas network, dan emulasi operating system.


-          Virtual memori membuat linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program-program yang lebih dari seharusnya karena penggunaan swap memori (memory swap adalah area di luar memori utama )  yang digunakan oleh OS untuk memperbesar kapasitas memori virtual (memori total), sehingga kita dapat menjalankan lebih banyak program/proses dalam waktu bersamaan.

-          Stabilitas linux sangat luar biasa stabil,  jika dikonfigurasi dengan benar,  sistem linux akan hidup terus menerus hingga hardwarenya tidak memadai (rusak), lain dengan windows yang memerlukan reboot berkala untuk menjaga stabilitas.

-          Linux mewarisi tradisi Unix dengan mendukung adanya file permission, yang dapat mencegah pengubahan atau penghapusan file tanpa izin dari pemiliknya, karena itu virus pada dasarnya tidak dikenali didunia linux

-          Didukung oleh ribuan programmer di seluruh dunia. Artinya peminatnya masih sangat banyak.



Kekurangan Linux :

-          Aplikasi yang tersedia belum sebanyak windows. Ada beberapa aplikasi yang masih belum dapat dijalankan pada linux (belum support)

-          Operating system yang tidak sepenuhnya GUI (Graphical User Interface). Mewarisi sistem pada unix yang sebagian dari sistem operasinya masih menggunakan CUI (Character user Interface) atau perantara teks.Meskipun sudah menggunakan X-windows seperti GNOME (lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem operasi) dan KDE (K Desktop Environment).

-          Sistem operasi yang cukup sulit dipelajari.




2.      ANDROID

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet.
Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007 dan Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.


Kelebihan Android :

-          Bersifat terbuka dan mudah dikembangkan karena berbasis linux yang merupakan open source. Dan juga dikembangkan secara up to date, sehingga setiap waktu akan muncul berbagai program dengan teknologi baru yang luar biasa fitur-fiturnya.

-          Akses mudah ke operasi App Market : pemillik android dapat dengan mudah mendownload dan menginstall berbagai macam aplikasi melalui App Market yang sudah disediakan oleh Android.

-          Akses dan penyambungan perangkat sangat mudah dilakukan. Seperti fasilitas penuh USB, mudah mengganti baterei, mass storage, diskdrive, dan USB tethering.

-          Sistem operasi Android bersifat multitasking, yang berguna untuk menjalankan berbagai aplikasi secara mudah, serta dapat menelusuri apps Android yang diinginkan.

-          dapat menginstal ROM yang dimodifikasi, akan tetapi pada sistem operasi Android sendiri memiliki cukup banyak jenis custom ROM. Tenang saja hal tersebut dijamin tidak membahayakan perangkat smartphone.

Kekurangan Android :
-          Menuntut pengguna untuk memiliki koneksi internet dalam keadaan aktif. Seperti minimalnya perlu koneksi internet GPRS, hal ini agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan pengguna.

-          Banyak terdapat iklan pada aplikasi-aplikasi yang kita download dari App Store.

-          Baterai pada smartphone dengan sistem Android akan sangat boros dibandingkan OS lainnya, hal tersebut disebabkan dengan banyaknya proses yang berjalan secara background yang membuat energi baterai menjadi cepat habis.
-          Masih sering terserang malware (gangguan virus,dsb)





3.      Mac Os

Mac Os adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Yaitu sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM (International Business Machines Corporation)
Mac Os diperkenalkan pertamakali pada tahun 1984.

Kelebihan Mac OS :

-          Mac OS Tidak mudah terkena virus karena dirancang dengan security oriented maka Mac OS tidak dapat diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware.

-          High Performance. Khusus pada Mac Os X- dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac OS dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac dengan kecepatan yang menakjubkan.

-          User-Friendly. Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic desainer.

Kekurangan Mac Os :
-          Mac OS tidak bisa dirakit sendiri karena apple sudah tidak memberi lisensi untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.

-          Software di Mac OS tidak begitu lengkap. Beberapa aplikasi tidak dapat diinstalasi pada sistem Mac Os ini

-          Sedikit sulit untuk dipelajari dan jumlah peminatnya juga tidak sebanyak user / peminat windows.

-          Biaya lisensi yang relatif mahal.


Setelah kita mengetahui sekilas keterangan diatas berikut tabel perbandingan atara masing-masing Operating system :

indikator
Linux
Android
Mac os
Lisensi
Open source
Open source
Ber-lisensi
Kompabilitas network
Dapat berinteraksi dengan perangkat lain
Dapat berinteraksi dengan perangkat lain
Hanya dapat berinteraksi apabila ada aplikasi perantara dari apple.
Base interface
GUI + CUI
GUI
GUI
Program pendukung/ applikasi support
Didukung banyak program namun terbatas
Didukung banyak progran dan tidak terbatas
Program pendukung sangat terbatas hanya aplikasi keluaran apple.
Kemudahan penggunaan
Mudah digunakan, sulit dipelajari
Sangat mudah digunakan
Mudah digunakan, sulit di pelajari
Perangkat yang digunakan
Komputer dan PC
Perangkat bergerak (smartphone, tablet, dll)
Komputer dan PC



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer