MAKALAH KOMUNIKASI BISNIS TENTANG PERANAN VIDEO BLOGGING (VLOG) DALAM MEMASARKAN PRODUK
BAB
1
PENDAHULUAN
- Latar
Belakang
Mengingat semakin
pesatnya perkembengan sistem informasi di Indonesia, maka sarana dan prasarana
yang dibutuhkannya pun semakin beragam, begitu juga media penyampaian
informasi, semakin mudah dipergunakan bahkan siapapun dapat menggunakannya
dengan mudah, contoh : sosial media, blog, vbloging, onlineshop dsb. Nah dengan
begitu proses penerimaan informasi pun akan semakin mudah dan luas. Lalu
bagaimana apabila kita memasarkan produk dengan memanfaatkan fenomena-fenomena
tersebut.
Berdasarkan hal
tersebut dalam Makalah ini akan kami sampaikan sedikit mengenai pernan
vidioblogging dalam pemasaran produk.
- Rumusan Masalah
a.
Seberapa efektif peran video blogging
dalam pemasaran produk?
- Tujuan
a.
Setelah
mahasiswa mengetahui video blogging diharapkan mereka bisa mengetahui efektifitas potensi komunikasi
dalam berbisnis khusunya dalam memasarkan produk.
BAB
2
PEMBAHASAN
- PENGERTIAN
VIDIOBLOGGING/VLOGING
Video-Blogging, atau
bisa disingkat vlogging (diucapkan Vlogging, bukan V-logging), atau
vidblogging, merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium
video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama. Berbagai
perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video,
atau kamera murah yang dilengkapi dengan mikrofon merupakan modal yang mudah
untuk melakukan aktivitas video blogging.
Video blogging masih
dapat disebut sebagai bentuk lain dari televisi internet. Video blogging
biasanya ada juga yang dilengkapi dengan keterangan teks atau gambar foto,
serta untuk beberapa video blogging, menyantumkan metadata lainnya.
Video blogging sendiri
dapat dibuat dalam bentuk rekaman satu gambar atau rekaman yang dipotong ke
beberapa bagian. Dengan perangkat lunak yang tersedia, seseorang dapat
menyunting video yang mereka buat dan memadukannya dengan audio, serta
menggabungkan beberapa rekaman ke dalam satu gambar, sehingga menjadi suatu
rekaman video blogging yang padu.
Video blogging juga
memanfaatkan keunggulan dari web syndication, ia dapat mendistribusikan dirinya
di internet dengan menggunakan format penyesuaian (sindikasi), baik dengan RSS
maupun Atom, untuk pemutaran ulang dan agregasi otomatis pada perangkat mobile
dan Personal Computer.
- SEJARAH
VIDEO BLOGGING
Video
blogging merupakan suatu format video dari aktivitas blogging, ia
mulai menunjukkan eksistensi yang signifikan pada tahun 2004 dan baru
menunjukkan popularitasnya yang meningkat pada awal tahun 2005. Hal tersebut
ditunjukkan dengan meningkatnya keanggotaan grup video blogging Yahoo!
Secara dramatis pada tahun 2005.
Situs
berbagi-video yang paling populer saat ini, YouTube,
dibentuk pada Februari 2005. Ia termasuk dari sekian banyak situs dengan content management system yang dapat
mengelola masukan video, dan mempersilahkan para penggunanya untuk memiliki
serta mengelola halaman video milik mereka sendiri. Selain berbagi video pada
umumnya, video blogging juga merupakan kategori berbagi yang populer di situs
YouTube.
Video
blogging menawarkan pengalaman situs yang lebih kaya dibandingkan dengan
blogging dalam bentuk teks, karena ia mengkombinasikan video, suara, gambar,
dan teks, meningkatkan kandungan informasi, serta emosi, yang dibagi dengan
para pengguna internet lainnya.
Media seperti
itu membuat para penggunanya menjadi lebih bisa mengeksplorasi berbagai cara
baru dalam berkomunikasi, di mana kebanyakan pengguna yakin bahwa video akan
menghasilkan ekspresi yang lebih alami daripada tulisan.
Lebih jauh
lagi, konvergensi dari ponsel dengan fitur kamera
digital mempermudah pengunggahan video blogging yang dapat dilakukan segera
setelah video direkam dari perangkat tersebut.
- PENGGUNAAN
VIDEO BLOGGING
Untuk membuat
video blogging, biasanya dibutuhkan perangkat dengan fitur perekam video
seperti kamera digital, webcam, ponsel berfitur video, hingga kamera video (handycam) itu
sendiri. Walaupun sebenarnya sah-sah saja membuat video blogging yang hanya
berupa file mentah dari rekaman video yang dibuat, namun kebanyakan orang kini
memilih untuk menyuntingnya dan mengkombinasikannya dengan suara dan musik,
sehingga ia bisa juga menjadi sarana kreativitas dalam membuat sebuah rangkaian
cerita dalam video.
Selain itu,
biasanya durasi waktu yang dicapai dalam membuat video blogging adalah sekitar
1-3 menit. Ini dikarenakan jumlah bandwith yang terbatas, termasuk salah
satunya di Indonesia. Semakin panjang suatu durasi dalam video blogging, maka
semakin besar pula penggunaan bandwithnya, dan untuk tempat-tempat yang tidak
bisa mengikuti besarnya bandwith tersebut, maka akan berakibat pada proses
pengunduhan yang lama.
Video yang
sudah jadi kemudian dikompresi dan ditempatkan di sebuah web server. Konten
dari video blogging kemudian juga dimasukkan ke dalam RSS Feed, serta tautan
untuk membagi tampilan video blogging tersebut kepada komunitas-komunitas
terkait.
Setelah
dipublikasikan di situs yang tersedia, orang-orang yang menontonnnya biasanya
akan memberikan respon berupa komentar di tempat yang tersedia secara langsung,
maupun respon dengan cara membuat video blogging balasan, biasanya dengan
menggunakan format Re: (judul video blogging yang direspon).
- PERKEMBANGAN
VIDEO BLOGGING DI INDONESIA
Di Indonesia,
penggunaan video blogging mulai disadari ketika pada tahun 2009 muncul sebuah
video rekaman pribadi seorang aktris dan penyanyi muda terkenal bernama
Marshanda, yang tersebar luas di YouTube dan menjadi topik yang segera hangat
dibicarakan saat itu, karena video tersebut berisikan ungkapan perasaan pribadi
sang artis.
Selain itu,
fenomena video blogging yang terjadi pada tahun 2010 di Indonesia juga
ditunjukkan dengan hadirnya dua orang gadis muda asal Jawa Barat bernama Sinta
dan Jojo yang merekam diri mereka sedang menari dan menyanyikan lagu-lagu
secara Lipsync, salah satunya yang paling membuat mereka tenar ialah lagu
”Keong Racun”. Popularitas video blogging Sinta dan Jojo yang menyanyikan lagu
dengan lipsync ditunjukkan dengan pemberitaan di media massa, serta animo
masyarakat yang meniru gaya menari mereka berdua, bahkan ada yang menjadikannya
sebagai suatu kompetisi oleh masyarakat lokal di Indonesia.
Popularitas
video blogging di Indonesia, terutama yang hadir di situs YouTube juga disusul
dengan video blogging oleh Gamaliel dan Audrey, sepasang kakak-beradik yang
membagi rekaman-rekaman video mereka berdua sedang menyanyikan lagu-lagu milik
penyanyi populer. Aktivitas yang dilakukan Gamaliel dan Audrey ini dikenal juga
dengan istilah cover atau cover version, yaitu menyanyikan kembali lagu-lagu
dari penyanyi yang sudah ada atau sudah populer, di mana aktivitas ini banyak
dilakukan oleh para video blogger di YouTube.
- POTENSI
PEMASARAN
Dalam
memasarkan suatu produk atau brand tertentu, pemanfaatan media
sosial dalam salah satu strateginya kian menjadi populer terutama
dikarenakan oleh penggunaan media sosial yang berkembang pesat, termasuk di
Indonesia.
Salah satu
bentuk strategi pemasaran yang memanfaatkan social media dengan format video
blogging di Indonesia yang pernah terjadi ialah Bayu Skak. Bayu Eko Moektito nama asli dari Bayu Skak dikenal
sebagai sosok pemuda
yang menceritakan dirinya melalui rekaman video dirinya dengan khas bahasa jawanya yang
dipublikasikan di YouTube miliknya.
Dalam
beberapa blog miliknya serta video yang dikemas dengan konsep video blogging, Bayu Skak menampilkan sebuah
rekaman yang menunjukkan bagaimana kreatifitas kocak (dagelan) diiringi dengan budaya khas jawa.
Hingga saat ini Bayu Skak telah memiliki 637,075
subscribers. Bayu Skak membangun channelnya pada tanggal 25 Juli 2010, saat itu
Bayu Skak masih sekolah di SMKN 4 Malang dan mengambil jurusan animasi. Video
YouTube pertama yang Bayu Skak upload ke YouTube dimulai dari lipsing konyol
dengan menggunakan kamera HP. Video yang di uploadnya terus menyebar dari teman
satu kelas, teman satu sekolah, teman di sekolah lain dan seterusnya sehingga
membuat videonya makin terkenal.
Bayu Skak telah
bekerja sama dengan produk – produk guna memasarkan antara lainnya seperti,
Indomie, Chitato, 360 Security Lite, BukaLapak.com, 7 Knights (Games) dan masih
banyak lagi.
YouTube bukan
satu – satunya media untuk memasarkan produk lewat video blogging. Kita sering
menyebutnya IG/Instagram. Instagram ialah sebuah aplikasi berbagi foto yang
memungkinkan pengguna mengambil foto. Tidak hanya foto saja, video pun bias
kita posting di media sosial ini. Salah satu akun yang bekerja sama memasarkan
produk lewat Instagram ialah DeaRangga.
Hingga saat ini DeaRangga telah memiliki 46.7K followers di akun
Instagramnya. DeaRangga telah bekerja sama dengan produk – produk guna
memasarkan di antaranya Cellular Market, Uber, Susu Bendera dan lainnya.
BAB 3
PENUTUP
- Kesimpulan
Kita
selaku generasi muda setidaknya kita bisa memanfaatkan multimedia atau sosial media, khususnya video blogging.
Seperti yang kami paparkan diatas selain
dikarenakan efisiensi dan keluasan jaringan, kemudahan pembuatan dan
pengoperasiannya pun tidak diragukan. Kita dapat memasarkan produk kita dan
menyalurkan ide-ide kita dalam hal inovatif yang bersifat positif. Sebelumnya kita
sudah mengetahui Bayu Skak dan DeaRangga yang memanfaatkan video blogging guna
mengendorse produk – produk. Media sosial di Indonesia bukanlah hal awam bagi
generasi pengguna gadget. Bagaiman apabila
kita memang memasarkan poduk kita sendiri, bukankah akan lebih mudah. Apalagi kebanyakan dari anak muda zaman sekarang lebih sibuk dengan gadgetnya di bandingkan dengan menonton Tv atau melihat
advertising di publik area.
DAFTAR PUSTAKA
- Wikipedia. (2010, 14 Oktober). Video Blogging. Diperoleh 18 Oktober 2016, dari http://id.m.wikipedia.org/videoblog
Komentar
Posting Komentar